Jumat, 07 Januari 2011

2011 Meteor Quadrantid: Lihat Yang Mungkin Anda terjawab

  A Quadrantid meteor over Alberta, Canada -- picture from a photo gallery on the 2011 Quadrantid meteor shower

 Sky Gem

Sebuah gambar yang diambil dengan lensa fisheye ternyata langit malam di atas Alberta, Kanada, menjadi batu permata tercoreng dengan cahaya dari meteor Quadrantid pada malam Januari 3.

Seperti hujan meteor lain, Quadrantid mendapatkan nama mereka dari konstelasi dari mana meteor muncul untuk memancarkan. Tapi senama pola shower ini tentang bintang tidak ditemukan dalam peta langit saat ini.

Dijuluki kwadran Muralis pada abad ke-19, konstelasi ditinggalkan pada 1922 karena terlalu sesak di peta bintang. Bintang di kwadran Muralis diserap oleh Boötes konstelasi tetangga, penggembala. (Jelajahi sebuah tata surya interaktif.)


  A Quadrantid meteor over Alberta Canada -- picture from a photo gallery on the 2011 Quadrantid meteor shower






 Fiery Meteor

Sebuah meteor Quadrantid tampaknya zip dekat horizon di Alberta, Kanada, pada dini hari di bulan Januari 2-sebelum puncak hujan meteor tahunan.

Kebanyakan meteor shower yang terjadi ketika Bumi membanting ke dalam awan besar partikel ditinggalkan oleh komet yang lewat. Partikel-partikel ini menguap ketika mereka memukul atmosfer, menciptakan garis-garis brilian.

Hampir semua hujan meteor tahunan yang bisa dikaitkan dengan komet dikenal. Tetapi objek induk dari Quadrantid masih merupakan misteri. Satu teori adalah bahwa sumber mereka adalah komet yang pecah saat tabrakan 500 tahun yang lalu dan berhenti menjadi aktif. (Lihat gambar asteroid dan komet.)


 Quadrantid meteors over Joshua Tree National Park in California -- picture from a photo gallery on the 2011 Quadrantid meteor shower


Falling Stars




 Cabang-cabang pohon Yosua adalah siluet langit malam yang ditaburi dengan Quadrantid dalam gambar yang diambil di jam-jam awal Januari 4 dari California Joshua Tree Taman Nasional.

Selain menjadi terbaik dilihat dari garis lintang utara dingin di tengah musim dingin, Quadrantid relatif tidak populer karena tidak biasa singkatnya puncak mereka, Chabot Space & Science Centre's Jung mengatakan.

Sementara tingkat puncak Quadrantid 'per jam diperkirakan berkisar 60-130 meteor, bagian paling intens dari kamar mandi berlangsung selama dua sampai empat jam.

Namun, "apa cara yang lebih baik untuk memulai tahun daripada memiliki sifat memberikan pertunjukan kembang api dalam bentuk hujan meteor," kata Jung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar